Profil Pondok Pesantren Al Ulya Kedungsuren

Ponpes Al Ulya Kedungsuren adalah lembaga pendidikan dengan layanan program Tahfidzul Quran, Madrasah Diniyah Takmiliyah, SMP, dan SMK.

Sejarah Perkembangan Ponpes Al Ulya Kedungsuren

Pondok Pesantren Al Ulya Kedungsuren

Pondok Pesantren Al Ulya Kedungsuren terletak di Jalan Soponyono No 99 Desa Kedungsuren, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Berada di daerah pedesaan dengan udara yang sejuk, suasana yang tenang dan lingkungan sekitar yang rindang dengan dikelilingi kebun-kebun penduduk dan hutan jati yang teduh. Ponpes Al Ulya berada sekitar 20 KM sebelah barat Kota Semarang, Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah.

Pondok Pesantren Al Ulya Kedungsuren berdiri pada bulan Mei tahun 2010. Nama Al Ulya terinspirasi dari Qur’an surat at Taubah ayat 40 yang artinya “… Maka Allah menurunkan ketenangan kepadanya (Muhammad) dan membantu dengan bala tentara (malaikat-malaikat) yang tidak terlihat olehmu, dan Dia menjadikan seruan orang-orang kafir itu rendah. Dan Firman Allah itu YANG TINGGI (al ulya). Allah Maha Perkasa, Maha Bijaksana”. Penamaan Al Ulya ini dengan harapan agar pondok Al Ulya dapat menjadi bagian dari upaya memulyakan Al Qur’an sebagai firman Allah dan menjadi tempat kaderisasi bagi generasi muda Islam sehingga memiliki Ahlak yang luhur, memahami agama dengan benar (tafaquh fi Din), Tekun beribadah dan Unggul atau kompeten sesuai bidang yang ditekuninya.

Pondok pesantren Al Ulya di dirikan oleh Prof DR KH Abdul Ghofur, M.Ag, Dr. KH M Abdullah, M.Hum, Ustadz Ahmad Supari, S.Pd. M.Pd, Kyai Muhammad Syakirin, S.Pd.I dan di dukung oleh para Kyai serta tokoh masyarakat di Kaliwungu Selatan. Pendirian Pondok Pesantren Al Ulya sendiri merupakan amanah dari Almarhum Bapak Hasbie Yahya,B.Sc. yang telah mendirikan SMP NU 06 Kedungsuren pada tahun 1988. Kemudian pada tahun 2008 dirintis pendirian SMK NU 05 Kaliwungu Selatan dengan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Tehnik Bisnis Sepeda Motor (TBSM). Dengan memperhatikan bahaya pergaulan bebas dan pengaruh negatif teknologi terhadap perkembangan generasi muda serta atas dorongan para kyai dan tokoh masyarakat maka didirikan Ponpes Al Ulya Kedungsuren pada tanggal 22 Mei 2010. 

Pada awal berdiri Ponpes Al Ulya membina 19 santri yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah. Tahun kedua bertambah menjadi 30 santri, tahun ketiga menjadi 42 santri dan hingga saat ini memasuki tahun ke-13 terdapat kurang lebih 350 santri mukim yang berasal dari berbagai wilayah se-Indonesia seperti dari Ternate Maluku, Batam, Lampung, Jakarta, Bogor, Sumedang dan dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah. Selain santri mukim pondok pesantren Al Ulya juga tetap membina siswa yang laju (santri kalong) yaitu siswa yang besaral dari lingkungan sekitar sekolah. Saat ini total keseluruhan santri mukim dan santri laju sekitar 764.

Pendidikan

Pendidikan Formal

  1. SMP NU 06 Kedungsuren
  2. SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

Pendidikan non Formal

  1. Tahfidzul Quran
  2. Madrasah Diniyah
  3. Pengajian Kitab Kuning
  4. Majelis Taklim

Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler di Pondok Pesantren Al-Ulya Kedungsuren antara lain:

  1. Baca Tulis Al Quran
  2. Tahfidz Quran
  3. Kajian Kitab Kuning
  4. Tahsin Qur'an
  5. Beladiri
  6. Hadrah
  7. PMR
  8. Olahraga: Sepakbola/Futsal, Basket, Voli, Sepak Takraw, Bulutangkis, Pencak Silat, Tenis Meja, Pramuka
  9. Komputer
  10. Ketrampilan Hidup: Pelatihan komputer jaringan, rakit komputer, bengkel motor

Fasilitas

Fasilitas di Pondok Pesantren Al Ulya Kedungsuren:

  1. Masjid
  2. Gedung Sekolah
  3. Aula
  4. Kantor
  5. Laboratorium Praktek Komputer
  6. Laboratorium Bengkel
  7. Asrama Putra
  8. Asrama Putri
  9. Gudang
  10. Kantin
  11. MCK Putra
  12. MCK Putri
  13. UKS

Alamat

Jl. Soponyono 099, Kedungsuren, Kaliwungu Selatan, Kendal, Jawa Tengah, 51372

Telepon: 0823-3951-7292

Email: alulya@gmail.com

Berbagi

Posting Komentar